Konsep Dasar Sistem Informasi Manajemen



Berbicara soal Sistem Informasi Manajemen pasti yang langsung muncul dipikiran adalah tentang informasi dan pengelolaan. Sistem informasi manajeman itu sendiri dapat diartikan sebagai sebuah bangunan piramida dimana lapisan dasarnya terdiri dari informasi, penjelasan transaksi, penjelasan status, dan sebagainya

Sistem Informasi Manajemen itu terdiri dari 3 kata yaitu Sistem, Informasi, dan Manajemen. Menurut saya :
-          Sistem itu adalah kumpulan elemen yang berhubungan untuk mencapai tujuan bersama
-          Informasi itu adalah data yang telah diolah yang bertujan sebagai penentuan keputusan
-          Sedangkan Manajemen adalah pengelolaan atau mengatur
Source : Catatan Kuliah

Jadi dapat saya simpulkan bahwa Sistem Informasi Manajemen adalah satu kesatuan elemen yang berkumpul dan saling berhubungan untuk mengelola atau mengatur informasi

Pengertian Sistem Informasi Manajeman Menurut Para Ahli :
§  Pengertian SIM menurut Bodnar dan juga Hopwood (1993) SIM adalah suatu Kumpulan perangkat keras serta juga perangkat lunak yang dirancang untuk dapat mentransformasikan data didalam bentuk informasi yang berguna.
§  Pengertian SIM menurut Turban, McLean, serta Waterbe (1999) SIM adalah suatu Sistem yang mengumpulkan (collect), memproses(Processing), menyimpan(save), menganalisa (analyze), serta juga menyebarkan(spread) informasi untuk tujuan yang lebih spesifik.
Source :
§  Buku Accounting Information System
§  Buku Information Technology for Management Making Connection for Strategies Advantages

Dari 2 pengertian di atas saya simpulkan Sistem Informasi Manajemen (SIM) adalah kumpulan atau kesatuan yang bertujuan untuk mengelola data untuk dijadikan informasi yang lebih spesifik dan berguna.

Tujuan Sistem Informasi Manajemen
·       Menyediakan suatu informasi yang dipergunakan didalam suatu perhitungan harga pokok jasa, produk, serta tujuan lainnya yang diinginkan manajemen.
·       Menyediakan suatu informasi yang dipergunakan didalam suatu perencanaan, pengendalian, pengevaluasian, serta juga perbaikan berkelanjutan.
·       Menyediakan suatu informasi untuk pengambilan suatu keputusan.
Source :
Dari beberapa tujuan di atas saya simpulkan bahwa tujuan Sistem Informasi Manajemen (SIM) adalah Menyediakan informasi sesuai keinginan manajemen untuk menentukan keputusan


Konsep Dasar Sistem Informasi Manajemen Konsep Dasar Sistem Informasi Manajemen Reviewed by Unknown on 15.39 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.