Teori adalah
hasil pengamatan atau penglihatan manusia yang kemudian diabstraksi (dan
kadang-kadang dikembangkan secara spekulatif) disusun menjadi proposisi-proposisi
dan pada gilirannya digunakan untuk mengomunikasikan secara ringkas dan padat
hasil pengamatan tersebut dan didukung oleh fakta-fakta, kemudian dikontraskan
dengan praktik (fakta-fakta itu sendiri). Misal, teori organisasi adalah
teori-teori yang bidang minatnya perihal organisasi.
Apa yang Anda
ketahui tentang Organisasi?
Organisasi
adalah suatu entitas sosial yang secara sadar terkoordinasi, memiliki suatu
batas yang relative dapat diidentifikasi, dan berfungsi secara relative
berkesinambungan untuk mencapai suatu tujuan bersama. Dan tersirat
karakteristik P3 (Purposes, People, Plan). Dari definisi di atas mempunyai
maksud bahwa “entitas sosial” berarti suatu kesatuan yang terdiri dari
orang-orang atau kelompok-kelompok orang yang saling berinteraksi, sementara
“secara sadar terkoordinasi” merujuk pada administrasi atau pengelolaan
organisasi, dan “suatu batas yang relative teridentifikasi” merupakan pembeda
antara anggota organisasi dan bukan anggota. Sedangkan “berfungsi secara
relative berkeinambungan” adalah organisasi bukan kelompok orang yang
berinteraksi secara sementara atau temporer melainkan berinteraksi secara
regular dan tetap dalam jangka waktu yang panjang.
Apa yang Anda
ketahui tentang Administrasi?
Administrasi
adalah cara atau sarana untuk menggerakkan organisasi dengan tugas mengarahkan
organisasi mencapai tujuan-tujuan yang diinginkan dalam aspek-aspek yang lebih
banyak berurusan dengan formulasi tujuan, masalah terkait nilai, dan komponen
manusia dalam organisasi. Dan administrasi berfokus pada penetapan arah
organisasi. Cara pikir administrasi berorientasi pada tujuan dan pola pikir
administrasi cenderung pada seni.
Apa yang Anda
ketahui tentang Manejemen?
Managemen adalah
sarana bagi organisasi untuk dapat secara efektif dan efisien bekerja mencapai
tujuan. Manajemen berfokus pada aspek-aspek yang lebih rutin, definitive,
terprogram,dan cenderung pada metode kuantitatif serta mengurusi bagaimana
mencapai arah yang telah direncanakan. Cara pikir manajemen berorientasi pada
sarana atau cara mencapai tujuan dan menitikberatkan pada masalah teknis.
Persamaan dan
perbedaan antara Organisasi, Administrasi, dan Manajemen?
Persamaan :
organisasi, administrasi dan manajemen berada dalam satu proses atau siklus
suatu kumpulan orang-orang atau kelompok-kelompok yang berada dam organisasi
dan ketiganya mempunyai arti dan peran yang berbeda tetapi saling berkaitan.
Jika salah satu prosesnya tidak terpenuhi dengan baik, administrasi atau
manajemennya, maka organisasi itu tidak berhasil dan tidak bisa disebut sebagai
organisasi.
Perbedaan :
Organisasi itu alat atau bentuk atau susunan tertentu yang menjalankan suatu
fungsi atau maksud tertentu (tujuan). Sedangkan Administrasi adalah cara atau
sarana untuk menggerakkan organisasi yang mengarah pada formulasi tujuan,
masalah terkait nilai, dan komponen manusia dalam organisasi serta berorientasi
pada tujuan. Sedangkan manajemen adalah sarana bagi organisasi mencapai tujuan
dalam aspek yang lebih rutin, definitive, terprogram, cenderung pada metode
kuantitatif da bersifat teknis. Manajemen berorientasi pada cara mencapai
tujuan.
Uraikan hubungan
diantara ketiganya!
Organisasi
merupakan suatu susunan tertentu terdiri dari orang-orang atau
kelompok-kelompok tertentu yang menjalankan dan mengelola (administrasi)
berbagai aktivitas manusia baik cdengan institusi atau lembaga maupun tidak dan
mempunyai tujuan yang didalamnya terdapat manajemen yang mengarahkan organisasi
untuk dapat bekerja seefisien dan edektif mungkin dalam mencapai dan mewujudkan
tujuan organisasi
Apa sih perbedaan antara Administrasi, Manajemen, dan Organisasi ?
Reviewed by Unknown
on
22.17
Rating:
Tidak ada komentar: